web counter Tutorial Verifikasi Ulang BCA Mobile - Info Terbaru 2024
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Tutorial Verifikasi Ulang BCA Mobile

PT Bank Central Asia Tbk atau disingkat BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Febuari 1957. Bank BCA memiliki kantor pusat di Jakarta, Indonesia.

Tutorial Verifikasi Ulang BCA Mobile

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA dijadikan sebagai bank yang digunakan dalam transfer gaji karyawan di perusahaan-perusahaan besar Indonesia. Ini menjadikan BCA sebagai bank yang memiliki banyak fitur sehingga dapat memudahkan kebutuhan nasabahnya.

Salah satu fitur atau layanan yang disediakan oleh BCA adalah mobile banking atau biasa disebut BCA mobile. Lalu apa itu BCA mobile

BCA Mobile

BCA mobile atau m-BCA adalah aplikasi smartphone yang melayani transaksi perbankan di Bank Central Asia (BCA). Aplikasi ini dapat di-download dari website resmi BCA maupun media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA dan dapat diakses secara langsung oleh Nasabah melalui telepon seluler/handphone.

Syarat Registrasi m-BCA

Sebelum melakukan verifikasi BCA Mobile, nasabah harus melakukan registrasi m-BCA terlebih dahulu. Berikut ini syarat yang harus dilengkapi oleh nasabah sebelum melakukan registrasi m-BCA:

  • Nasabah yang memiliki Kartu ATM BCA berhak untuk memperoleh dan menggunakan m-BCA.
  • Nasabah harus memiliki SIM Card Operator Seluler tertentu yang telah terisi pulsa.
  • Meng-install BCA mobile di ponsel sebelum melakukan registrasi.
  • Pihak BCA berhak untuk menentukan jumlah nomor handphone yang dapat digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA, yang akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku.
  • BCA berhak mendaftarkan nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan aktivasi m-BCA ke dalam database Nomor Handphone e-Banking BCA.
  • Nasabah dapat menambah, mengubah, dan/atau menghapus Nomor Handphone e-Banking BCA melalui mesin ATM BCA atau sarana lainnya yang ditentukan oleh BCA di kemudian hari

Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile

Sebelum melakukan verifikasi ulang BCA mobile, tentu nasabah harus memiliki m-BCA terlebih dahulu. Aktivasi m-BCA dapat dilakukan di BCA  terdekat melalui bantuan teller atau nasabah bisa melakukannya sendiri melalui ATM BCA. Berikut cara daftar m-banking BCA melalui ATM:

Aktivasi m-BCA

Aktivasi m-BCA dilakukan melalui 2 tahap. Pertama, nasabah melakukan registrasi di ATM BCA. Setelah itu melakuan registrasi di aplikasi m-BCA yang ada di handphone.

1. Registrasi di ATM BCA

  • Datang ke ATM BCA.
  • Masukkan kartu paspor BCA dan masukkan pin kartu.
  • Pilih transaksi lainnya.
  • Pilih menu Daftar e-Banking.
  • Kemudian pilih Mobile Banking.
  • Kemudian akan muncul aturan dan syarat m-BCA. Pilih Ya.
  • Masukkan nomor handphone mobile banking yang akan didaftarkan.
  • Tekan BENAR.
  • Konfirmasi nomor handphone, lalu tekan YA.
  • Masukkan input PIN m-BCA (6 digit angka) yang akan digunakan untuk log in di m-BCA.
  • Konfirmasi pin dengan input sekali lagi.
  • Setelah itu akan muncul konfirmasi registrasi mobile banking BCA dan mesin ATM akan mencetak struk bukti registrasi.

2. Registrasi di Handphone

  • Download BCA mobile di handphone.
  • Buka aplikasi BCA mobile dan klik menu m-BCA.
  • Baca ketentuan m-BCA dan pilih Accept.
  • Masukkan 16 angka nomor kartu ATM dan secara otomatis akan masuk SMS Aktivasi.
  • Buat kode akses BCA mobile.
  • m-Banking siap digunakan.

Verifikasi Ulang BCA Mobile

Verifikasi ulang BCA mobile dilakukan agar transaksi dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini langkah verifikasi ulang BCA Mobile:

  • Buka aplikasi BCA Mobile dan Log in.
  • Klik ikon i yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Selanjutnya akan muncul halaman About. Klik Verifikasi Ulang.
  • Klik Simpan untuk menyimpan pesan masuk lama.
  • Masukkan 16 digit angka yang terdapat pada kartu ATM dan klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga kode akses masuk ke pesan. Pastikan untuk memiliki pulsa dan kuota internet.
  • Masukkan kode akses yang dikirim melalui SMS dan klik OK.
  • Verifikasi ulang selesai.

Pemblokiran m-BCA

m-BCA yang telah dimiliki oleh nasabah ada kemungkinan diblokir jika nasabah melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Salah memasukkan PIN m-BCA. Kesalahan pertama yaitu nasabah salah memasukkan pin saat melakukan log in ke aplikasi mobile BCA. Jika nasabah salah memasukkan pin sebanyak 3 kali berturut-turut, maka pihak BCA akan memblokir m-BCA karena dianggap tindakan yang mencurigakan.
  • Kartu ATM BCA hilang. Jika kartu ATM BCA nasabah hilang atau dicuri, maka nasabah perlu melapor dan kemudian membuat yang baru dengan akun m-BCA yang baru juga. Sehingga akun m-BCA untuk kartu ATM yang hilang akan diblokir.
  • Kartu SIM Card Operator Seluler hilang. Sama halnya dengan kartu SIM Card yang hilang, maka m-BCA juga akan diblokir oleh pihak BCA untuk mencegah penggunaan SIM Card oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
  • Tidak melakukan transaksi dalam jangka panjang. Jika nasabah tidak menggunakan m-BCA dalam jangka waktu yang panjang selama 6 bulan berturut-turut sejak tanggal transaksi terakhir, maka m-BCA akan diblokir oleh pihak BCA.
  • Nomor handphone tidak aktif. Jika nomor handphone yang digunakan nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA terindikasi sudah tidak digunakan lagi (recycled) maka pihak BCA berhak untuk memblokir akun m-BCA.
  • Transaksi tidak wajar. Pihak BCA akan memblokir akun m-BCA nasabah jika menemukan transaksi diluar batas penggunaan yang wajar.

Pemblokiran menu m-BCA pada BCA mobile tidak berdampak pada layanan m-BCA yang tersedia di SIM Card sehingga nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan menggunakan menu m-BCA yang sudah tersedia di SIM Card.

Jika m-BCA sudah terlanjur terblokir, maka nasabah harus menghubungi BCA dan melakukan registrasi ulang m-BCA di ATM BCA, mesin EDC BCA atau konter kantor cabang BCA.

Penonaktifan m-BCA

Akun m-BCA dapat sewaktu-waku dinonaktifkan. Apa saja alasan yang dapat digunakan untuk menonaktifkan akun m-BCA?

  • Pengajuan Nonaktif m-BCA. Nasabah yang mengajukan permohonan penonaktifan m-BCA kepada pihak BCA karena alasan nasabah mengakhiri penggunaan kartu ATM BCA atau nomor handphone atau nasabah mengganti nomor handphone.
  • Menutup rekening BCA. Alasan lainnya yaitu jika nasabah menutup semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA.
  • Penggunaan m-BCA yang melanggar hukum. Nasabah yang menggunakan m-BCA atau mengizinkan m-BCA miliknya dimanfaatkan oleh pihak lain untuk melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum, maka akunnya akan dinonaktifkan oleh pihak BCA.
  • Jumlah nomor handphone yang berlebih. Penggunaan jumlah nomor handphone saat melakukan registrasi m-BCA yang melebihi jumlah nomor handphone yang ditentukan oleh BCA akan menyebabkan akun m-BCA dinonaktifkan.
  • Nomor handphone tidak aktif. Jika dari data yang diberikan oleh Operator Seluler kepada pihak BCA, nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA sudah tidak digunakan lagi, maka ada kemungkinan akun m-BCA nasabah akan diblokir.

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.