web counter Bareh Solok, Teratak Teleng Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok - Info Terbaru 2024
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Bareh Solok, Teratak Teleng Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

 BASIANG PADI KERJA RUTINITAS SEBAGAI PETANI

Teratak Teleng - Salah satu jorong pemasok kualitas beras solok terbaik. Bareh Solok Lamak Rasonyo, cuplikan dari sebuah lagu yang sebenarnya mengedepankan sebuah keistimewahan pangan hasil produktif pertanian di Kabupaten Solok. Berasnya yang putih, rasanya manis dan punya aroma tersendiri ketika dimasak apalagi mencicipi.


Source : fb Yondri Popiya


Indak Tampak Dek Mintuo Lalu. Menurut saya, Ini salah satu bahasa kiasan yang di titipkan pada bahagian dari bait lagu, saya rasa punya makna yang sangat penting bahwa, bila makan dengan bareh solok seseorang bisa merasakan nikmat, enak, segar dan kesibukan luarbiasa dalam mencicipi sebuah rasa “Bareh Solok”.


Source : fb Yondri Popiya


Rupanya untuk menghasilkan “Bareh Solok” tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh tenaga dan tantangan kerja yang berat. Mulai dari pengolahan lahan, batanam padi, basiang padi hingga menuai hasil (panen).


Source : fb Yondri Popiya


Lebih kurang dua (2) bulan yang lalu saya sudah merasakan batanam padi. Namun, pada hari ini saya dan keluarga meluangkan waktu untuk membantu orang tua basiang padi kesibukan sebagai petani. Bekerja langsung disinari terikan panas matahari, tidaklah sesejuk orang bekerja di kantor yang punya ruangan tertutup indah menikmatkan. Saya, hanya mengedapankan keiklasan hati hingga terikan panas dan air hujan tersa sejuk dalam menerpa kehidupan fana ini apapun profesi umpama petani.


Source : fb Yondri Popiya


Kinerja yang masih tradisional, menggunakan tenaga manusia, dan bantuan hewan ternak (kerbau dan sapi) dalam pengolahan tanah. Tidak saya pungkiri juga hanya ada lebih kurang tiga (mesin) di jorong Taratak Teleng untuk membantu dalam pertanian ini. Akibatnya memakan waktu yang sangat lama dalam bekerja di bandingkan orang yang sudah bekerja secara modern.


Source : fb Yondri Popiya

Titipan saya, ini harus menjadi perhatian pihak pemerintah Kabupaten Solok, karena ini sebuah aset yang besar dimiliki untuk menunjang kemajuan Kabupaten Solok tersendiri. Gelorakanlah untuk selalu berkiprah mengayomi masyarakat dan memahami kondisi ril rakyat. Sehingga, mampu memberikan solusi pada rakyat demi kemajuan masyarakat dan membangun peradaban Kabupaten Solok itu sendiri, inilah yang dituahkan dalam pepatah minang “Mambangkik Batang Tarandam”.


Source : fb Yondri Popiya


Source : fb Yondri Popiya

Source : fb Yondri Popiya 





Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.